Selasa, 19 November 2019

Attention, Interest, Desire, Action (AIDA TASK)

    Dalam melakukan penjualan di era ini, di perlukan strategi yang tepat untuk menarik perhatian public. Selain menarik perhatian, pemasaranpun harus berisikan informasi bagi akurat. Salah satu konsep pemasaran yang tepat adalah konsep pemasaran AIDA. AIDA memiliki singkatan Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Aksi). Konsep AIDA banyak digunakan dalam Dunia Marketing dan Advertising untuk menjelaskan tahap-tahap yang terjadi ketika konsumen pertama kali mengenal suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Berikut studi kasus penggunaan konsep AIDA dalam pemasaran mamarizki.kue

1.      •Attention :
Tahap ini merupakan tahap awal dimana konsumen mulai menyadari produk hingga brand suatu perusahaan. Pada tahap ini kita harus mencari tahu dan membuat strategi agar konsumen bisa sadar akan keberadaan produk kita. Tahap ini dapat kita lakukan dengan tulisan maka kita dapat menciptakan headline yang menarik agar konsumen mulai membaca tulisan tersebut.

CONTOH :
“PENGUMUMAN!!! COBAIN KUE JAMINAN RASA ENAK, KOMPOSISI SEHAT DENGAN HARGA BERSAHABAT. KUE GAK SESUAI EKSPETAS? KAMI REFUND 100%!!”

2.     Interest
Pada tahap ini konsumen mulai tertarik dan mempelajari mengenai manfaat dari produk usaha kita, yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita dapat membangkitkan rasa suka konsumen terhadap produk melalui keunggulan yang kita tunjukan. Selain itu kita juga dapat menampilkan pesan positif dari konsumen yang merasa puas setelah menggunakan produk kita agar calon konsumen percaya bahwa produk kita lebih unggul dibandingkan produk pesaing lainnya.

CONTOH:
KENAPA HARUS BELI KUE DI KAMI?
•Terbuat dari 100% bahan pilihan terbaik. Tanpa pengawet dan pemanis buatan
•Dibuat di hari yang sama atau dibuat sesuai pesanan. Mengutamakan kualitas cita rasa yang "fresh from the oven"
•Jaminan rasa enak. Menggunakan komposisi sehat dan harga jemat
•Pesanan kue dapat di sesuaikan dengan selera

3.     Desire
Proses selanjutnya adalah tahap dimana konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk kita. Hal yang mendorong konsumen sampai pada tahap ini adalah ketika kita dapat meyakinkan konsumen bahwa produk kitalah yang paling dapat memenuhi kebutuhan mereka serta dapat memberikan nilai tambah yang dibutuhkan.

CONTOH:
"Kue yang kami sajikan merupakan produk yang kami olah seperti anak sendiri. Kami sayang-sayang sedari dalam bentuk adonan sampai menjelma menjadi olahan makanan yang pasti membuat anda semua ketagihan. Gak cukup sekali. tapi berkali-kali" -Owner Tampan

•Action
Tahap ini merupakan tahap akhir dimana konsumen mulai melakukan pembelian pertama. dapat dikatakan tahap ini merupakan tahap trial dimana konsumen akan memutuskan apakaha selanjutkan mengkonsumsi produk itu kembali atau malah menggantinya dengan produk lain.

CONTOH:
Follow and like sosial media kita untuk dapat promo buy 3 get 1!
IG: @mamarizki.kue

Pesan langsung fast respon WA:
081411189213



Tidak ada komentar:

Posting Komentar